Akreditasi Sekolah

Tahun ini sekolah tempat gw bekerja ikut akreditasi (gak tau maksudnya apa), secara pribadi gw nggak terlalu peduli dengan 'momen heboh' ini. Untuk beberapa sekolah yang dibawah standar (maaf) momen ini memang diperlukan untuk mendongkrak citra mereka karena menyangkut kelangsungan sandang pangan mereka, secara animo masyarakat masih melihat jika akreditasi A maka sekolah itu termasuk sekolah yang baik. Semakin 'baik' sekolah maka makin banyak murid yang daftar, dan asap dapur guru-guru pun tetap bisa mengepul.

Apa sih akreditasi? Menurut gw akreditasi adalah suatu prosedur yang dilakukan untuk memetakan sekolah-sekolah. Dengan demikian akan diketahui mana sekolah yang 'baik' dan 'kurang baik'. Pemetaan secara akademik? mungkin juga... tapi jika dilihat dari penala yang dipakai, secara umum lebih banyak menyoroti tentang fasilitas dan kelengkapan administrasi sekolah. Sedikit sekali parameter yang dipakai untuk meninjau kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah (memang rada susah kalau menilai yang tidak kasat mata, perlu pengamatan berhari-hari dan sedikit menuntut cara ilmiah).

kalau mendengar cerita-cerita tentang rapat koordinasi akreditasi di cabang dinas kecamatan, miris sekali rasanya... 'sang penguasa kecil' dengan terang-terangan menyuruh kepala-kepala sekolah yang tidak memenuhi perimeter penilaian akreditasi untuk menyulap sekolah mereka dengan meminjam sarana dan kelengkapan sekolah pada hari 'H'... kebayang nggak? Selidik punya selidik ternyata rumor yang berkembang mengatakan kalo sebuah prestise bagi 'sang penguasa kecil' jika semua sekolah yang berada di kecamatan itu terakreditasi dengan nilai A/B. Tapi apa mereka nggak mikir kalau data akreditasi ini justru malah menjerumuskan mereka? jangan salahkan pemerintah jika ada kucuran bantuan, sekolah-sekolah ini dilewati.. Lha wong data yang dipegang pemerintah tertulis sekolah2 di kecamatan tsb terakreditasi A yang artinya buku perpustakaan lengkap, fasilitas penunjang pembelajaran lain juga lengkap...

dikutip dari : http://johaneskris.multiply.com/journal/item/99/akreditasi_sekolah

1 komentar:

  1. Akreditasi sekolah menurut saya adalah suatu penilaian yang dilakukan untuk melihat apakah sekolah tersebut bagus atau kurang bagus. Karena sebagian orang sebelum memilih sekolah tujuannya pasti mereka akan melihat status akreditasi sekolah tersebut. Ya memang status akreditasi ”A” yang dicari orang, sebab dengan status akreditasi ”A” tersebut orang akan beranggapan sekolah itu memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang mumpuni yang akan memberikan kebanggaan apabila sekolah disekolah tersebut. Kita lihat, status akreditasi dinilai dari segi apa saja?? Kemungkinan penilaian dilihat dari kelayakan bangunan sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, mutu pengajaran yang diberikan gurunya dan kebaikan dari anak-anak didiknya. Semakin bagus maka akreditasi sekolah tersebut akan lebih baik dan jika kebalikannya maka akreditasi sekolah tersebut akan buruk.
    Dari wacana diatas kita simpulkan memang benar apabila para petinggi menganjurkan agar sekolahnya diperbagus agar dapat mendongkrak nama sekolah namun apabila semua sarana dan prasarana itu didapat dari meminjam dan hanya untuk menaikan akreditasi sekolah, maka itu dapat merugikan sekolah itu sendiri. Pertama bantuan dana yang diterima dari pemerintah itu kecil yang justru akan mempersulit dalam membantu kegiatan belajar mengajar. Kedua orang yang telah memilih sekolah itu akan menyesal karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lebih baik mengakui apa adanya keadaan sekolah yang dapat memperbaiki dari segi ekonomi saat menerima bantuan sekolah dari pemerintah.

    BalasHapus